Penyebaran Kanker (Metastasis)

Metastasis, atau penyakit metastasis, adalah proses penyebaran suatu kanker dari satu organ atau bagian organ ke organ atau bagian organ lain yang tidak berdekatan atau bersinggungan, misalnya dari payudara ke paru-paru. Penyakit baru yang disebabkan oleh penyebaran kanker dari lokasi yang “jauh” ini disebut sebagai metastasis (kadang-kadang disingkat mets). Sebelumnya diduga bahwa hanya sel-sel tumor ganas dan infeksi saja yang memiliki kemampuan untuk bermetastasis. Kini dugaan ini diragukan karena hasil penelitian-penelitian baru menunjukkan bahwa sel-sel tumor jinak pun dapat bermetastasis. Metastasis berasal dari kata Yunani dari meta- yang berarti “pemindahan” atau “next”, dan  -stasis yang berarti, “penempatan”.

Penyakit kanker terjadi setelah ada sel tunggal dalam jaringan yang mengalami kerusakan genetik sehingga secara progresif memproduksi sel dengan pembelahan (proliferasi) yang tidak terkendali. Proliferasi (pembelahan mitosis) yang tidak terkendali ini menghasilkan tumor primer. Sel-sel  tumor primer ini selanjutnya mengalami metaplasia, diikuti oleh dysplasia kemudian anaplasia, menghasilkan fenotipe ganas. Sel dengan fenotipe ganas ini memungkinkan terjadinya proses intravasation (proses masuk kedalam pembuluh darah atau getah bening) dan ikut ke dalam sirkulasi, kemudian mungkin  mengalami extravasation (keluar dari pembuluh darah atau pembuluh getah bening) ke situs (jaringan) lain untuk tumbuh menjadi tumor baru (tumorigenesis).

Beberapa sel kanker mendapatkan kemampuan untuk menembus dinding pembuluh limfatik (getah bening) dan/atau pembuluh darah, yang kemudian mereka ikut beredar melalui aliran darah (sirkulasi sel tumor) ke situs dan jaringan lain dalam tubuh. Proses ini dikenal (masing-masing) sebagai penyebaran lymphatic dan penyebaran hematogeneous.

Setelah sel-sel tumor datang di suatu situs baru, maka akan beristirahat, kemudian akan kembali menembus dinding pembuluh getah bening atau pembuluh darah dan terus bertambah banyak, akhirnya membentuk tumor yang secara klinis dapat terdeteksi lagi. Tumor baru ini dikenal sebagai  tumor metastasis (atau tumor sekunder). Metastasis adalah satu dari tiga keunggulan keganasan sel tumor (kebalikannya tumor jinak). Sebagian besar neoplasma dapat bermetastasis, meskipun dalam tingkat penyebaran yang bervariasi (misalnya, sel basal karsinoma jarang bermetastasis).

Ketika sel-sel tumor bermetastasis, tumor baru ini disebut tumor sekunder atau tumor metastasis, dan sel-selnya mirip dengan sel-sel tumor dari jaringan asalnya. Sebagai contoh, jika sel-sel kanker payudara bermetastasis ke paru-paru, maka tumor sekunder pada paru-paru itu akan terdiri atas sel-sel payudara yang abnormal, bukan sel-sel paru-paru abnormal. Oleh karena itu tumor sekunder di paru-paru tersebut disebut sebagai kanker payudara metastatik, bukan kanker paru-paru. [diterjemahkan dari bagian: https://en.wikipedia.org/wiki/Metastasis]

Propolis telah teruji mampu mencegah metastasis atau menginaktifkan sel-sel kanker. Melia Propolis dikemas dalam botol ukuran 6ml. Harga eceran (termasuk pajak 10%) Rp 110,000 per botol. Harga paket untuk menjadi member atau harga paket untuk member (termasuk pajak 10%) Rp 605,000 per 7 botol. Menjadi member jauh lebih murah dan menguntungkan. Peluang penghasilan member dengan 1 paket Melia Propolis: Rp 850,000 per hari. Unduh formulir ordernya DISINI sekarang juga untuk memesan Melia PROPOLIS via e-mail.

 

 

FacebookShare

Comments are closed.

WordPress Online

Bisnis Online

DAHSYAT…!!!

Bagaimana menjadikan MLM sebagai mesin uang dengan bonus HARIAN.... Tanpa TUP POIN, tidak pakai peringkat-2an.... tidak juga janji reward muluk-muluk, cukup dengan SATU MACAM PENGHASILAN yaitu BONUS, Uang dan Produk....

Arsip

Kategori