Pengantar Sekar Jagad

Keprihatinan akan semakin luntur dan memudarnya nilai-nilai luhur budi pekerti Jawa telah mendorong kami mendirikan Sanggar Sekar Jagad. Sanggar ini merupakan wadah dan media penggalian kembali (reinvention) kebudayaan dan pranata peradaban Jawa. Penggalian kembali tersebut bertujuan untuk merekonstruksikan tata nilai perdaban dan kebudayaan Jawa itu dalam kemasan yang memadai dan mudah dicerap serta dipahami oleh generasi Jawa masa kini dan masa mendatang.

Upaya tersebut kami awali dengan mendirikan Yayasan Sekar Jagad sebagai wadah berbagai kegiatan untuk menstimulasi berdirinya paguyuban Studi Jawa (Bawarasa Kawruh Kejawen) di kalangan masyarakat Jawa. Kawruh Kejawen yang dimaksud adalah dalam pengertian Falsafah Hidup dan Tata Peradaban Jawa yang dikenal dengan istilah Ngèlmu Urip. Bukan kejawen dalam pengertian umum yang cenderung berkonotasi sebagai alirah kebatian, takhayul, klenik, pedukunan dan semacamnya, seperti yang sering kali secara salah ditayangkan di berbagai TV, dengan rubrik realigi, penampakan, weton, dan lain-lain.

Sesungguhnya sangat banyak naskah atau literatur Jawa yang memuat wewarah (ajaran) keutamaan dan tuntunan untuk memiliki budi pekerti luhur. Namun demikian, pada kenyataannya naskah-naskah itu sudah sulit dipahami oleh generasi Jawa jaman sekarang, karena ditulis dalam Carakan (aksara Jawa) serta dikemas dalam format tembang-tembang Mocopat. Akibatnya banyak nilai-nilai keluhuran Jawa terabaikan oleh orang Jawa sendiri, karena sudah tidak mengasai carakan dan tidak pandai lagi menembang.  Beberapa bagian pupuh (tembang tematik) populer yangmemuat ajaan dan tuntunan keutamaan yang terlestarikan lewat bahasa tutur, substansi nilai-nilainya tertutup oleh merdunya irama dan melodi tembang-tembang. Misalnya saja, pembawaan tembang-tembang dalam karawitan sering hanya mementingkan kesamaan jenis tembang, bukan pada tema utuh narasi literatur sumbernya.

Dalam rangka mengupayakan bangkitnya renaissance Jawa, Yayasan Sekar Jagad mengupayakan kegiatan untuk menyebar-luaskan serial buku “Kawruh Kejawen” karya Ki Sondong Mandali. Tulisan-tulisan ini merupakan bagian dari buku kedua yang berjudul Piwulang Kautaman Lan Waosan Macapat dan hanya disajikan bagian Piwulang Kautaman-nya. Mudah mudahan tulisan-tulisan yang saya titipkan di situs www.kdpbiz.com ini dapat bermanfaat dan menjadi stimulasi untuk menghidupkan kembali budi pekerti luhur masyarakat Jawa, yang tujuan akhirnya dipersembahkan kepada Indonesia dalam rangka membangun karakter bangsa.

Suku bangsa Jawa mencakup 45% penduduk Indonesia menyebar hampir mencakup seluruh wilayah Indonesia. Selain itu, Pulau Jawa dihuni oleh hampir 60% penduduk Indonesia. Jika suku bangsa terbanyak dan sebagian besar mendiami di “pusat keramaian spiritual” Nusantara ini dapat menghidupkan kembali dan memiliki nilai-nilai luhur yang berakar dari kebudayaan dan peradabannya sendiri, dapat diharapkan akan menjadi sumber dan penggerak kebaikan hidup berbangsa dan bernegara.

Dengan segala kerendahan hati Yayasan Sekar Jagad mengharap dukungan dari semua pihak untuk berkenan membantu upaya kami ini. Kegiatan ini lebih mengutamakan penyebaran idealisme ketimbang komersialisme. Sura Dira Jayangingrat Lebur dening Pangastuti, menjadi sesanti dan semboyan kami untuk mewujudkan cota-cita renaissance Jawa untuk Indonesia. Semoga Tuhan Memperkenankan.

FacebookShare

Comments are closed.

DAHSYAT…!!!
Bagaimana menjadikan MLM sebagai mesin uang dengan bonus HARIAN.... Tanpa TUP POIN, tidak pakai peringkat-2an.... tidak juga janji reward muluk-muluk, cukup dengan SATU MACAM PENGHASILAN yaitu BONUS, Uang dan Produk....
Arsip
Kategori
MSS Bogor Group
DAFTAR SEKARANG
KDPBiz.Com
Jl. Johar I Blok C2 No. 23, Taman Pagelaran, Ciomas Bogor 16610
e-Mail: mssdramaga@gmail.com

Contact Persons:
Dr Ir Winarso D Widodo, MS (wd_widodo@yahoo.com)
Ir Nuraeni (mnidramaga@yahoo.com)
Produk
Melia Propolis:
Rp 605,000/paket
Melia Biyang:
Rp 605,000/paket
Website Member Area:
Rp 30,000
berlaku selamanya (diwariskan)
Hosting & Domain Kompetitif
alt=
Download e-Book Bisnis Online
Download eBook CafeBisnis
Cafe Bisnis, Pembelajaran Online
Bisnis Online
free counters

sejak 19 April 2011

Bisnis Anti Macet
Bisnis Online