Posting ini saya ambil dari milis SEKARJAGAD yang diteruskan oleh Ki Hadiwaratama dari milis yang beliau ikuti. Mari kita simak bersama:

Masih ingat lagu “Gundul-gundul Pacul”ga?

Ternyata lagu itu mengandung filosofi tinggi juga, lho. Coba simak ya:

“Gundul gundul pacul-cul, gembelengan
Nyunggi nyunggi wakul-kul, gembelengan
Wakul ngglimpang segane dadi sak latar…

Tembang (dolanan – pen) Jawa ini konon diciptakan tahun 1400-an oleh Sunan Kalijaga dan teman-temannya yang masih remaja dan mempunyai arti filosofis yg dalam dan sangat mulia.

Gundul adalah kepala plonthos tanpa rambut. Kepala adalah lambang kehormatan, kemuliaan seseorang. Rambut adalah mahkota lambang keindahan kepala. Jadi gundul adalah kehormatan tanpa mahkota.

Pacul adalah cangkul yaitu alat petani yang terbuat dari lempeng besi segi empat. Jadi pacul adalah lambang kawula rendah, kebanyakan petani.

Gundul pacul artinya adalah bahwa seorang pemimpin sesungguhnya bukan orang yang diberi mahkota tetapi dia adalah pembawa pacul untuk mencangkul, mengupayakan kesejahteraan bagi rakyatnya.

Orang Jawa juga menganalisis pacul adalah papat kang ucul (empat perkara yang lepas). Kemuliaan seseorang tergantung empat hal, yaitu bagaimana menggunakan 1) mata, 2) hidung, 3) telinga dan 4) mulut.

  1. Mata digunakan untuk melihat kesulitan rakyat
  2. Telinga digunakan untuk mendengar nasehat
  3. Hidung digunakan untuk mencium wewangian kebaikan
  4. Mulut digunakan untuk berkata adil

Jika empat hal itu lepas, maka lepaslah kehormatannya. Gembelengan artinya besar kepala, sombong dan bermain-main dalam menggunakan kehormatannya.

GUNDUL2 PACUL CUL artinya jika orang yang kepalanya sudah kehilangan 4 indera itu mengakibatkan GEMBELENGAN (= congkak/sombong). NYUNGGI2 WAKUL KUL (menjunjung amanah rakyat) dengan GEMBELENGAN (= sombong hati), akhirnya WAKUL NGGLIMPANG (amanah jatuh gak bisa dipertahankan)  SEGANE DADI SAK LATAR (berantakan sia-sia, gak bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat

Salam Nug

 

FacebookShare

Comments are closed.

DAHSYAT…!!!
Bagaimana menjadikan MLM sebagai mesin uang dengan bonus HARIAN.... Tanpa TUP POIN, tidak pakai peringkat-2an.... tidak juga janji reward muluk-muluk, cukup dengan SATU MACAM PENGHASILAN yaitu BONUS, Uang dan Produk....
Arsip
Kategori
MSS Bogor Group
DAFTAR SEKARANG
KDPBiz.Com
Jl. Johar I Blok C2 No. 23, Taman Pagelaran, Ciomas Bogor 16610
e-Mail: mssdramaga@gmail.com

Contact Persons:
Dr Ir Winarso D Widodo, MS (wd_widodo@yahoo.com)
Ir Nuraeni (mnidramaga@yahoo.com)
Produk
Melia Propolis:
Rp 605,000/paket
Melia Biyang:
Rp 605,000/paket
Website Member Area:
Rp 30,000
berlaku selamanya (diwariskan)
Hosting & Domain Kompetitif
alt=
Download e-Book Bisnis Online
Download eBook CafeBisnis
Cafe Bisnis, Pembelajaran Online
Bisnis Online
free counters

sejak 19 April 2011

Bisnis Anti Macet
Bisnis Online